Senin, 20 Mei 2013

PLTMH Unit Usaha Kayu Aro sebagai Energi Terbarukan yang Ramah Lingkungan

PLTMH Unit Usaha Kayu Aro sebagai Energi Terbarukan yang Ramah Lingkungan

Kebutuhan energi semakin meningkat sejalan meningkatnya perkembangan kebutuhan manusia. Dengan makin menipisnya sumber energi yang memanfaatkan BBM, PTPN 6 unit usaha Kayu Aro melakukan berbagai macam divertifikasi pemanfaatan sumber energi. Energi baru dan terbarukan pemanfaatannya masih belom maksimal, sudah selayaknya dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di daerah terpencil.








Teknologi pembangkit tenaga listrik Mini Hydro memiliki beberapa keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan, diantaranya sebagai berikut :

Memanfaatkan sumber energi yang terbarukan yang dapat menghilangkan pemakaian BBM khususnya Solar untuk perindustrian, dan menjadikan alasan tepat untuk mendukung pelestarian hutan dan sumber air.






Teknologi yang ramah lingkungan karena tidak memerlukan infrastruktur yang besar karena bisa memanfaatkan aliran langsung dari sungai (run river), sehingga tidak mengganggu ekologi lingkungan. Menggantikan penggunaan mesin genset, dapat mengurangi emisi karbon akibat pembakaran bahan bakar fosil solar yang dimana di Pabrik Teh PT.PN6 Unit Usaha Kayu Aro ada 5 buah mesin genset diesel yang beroperasi.


Biaya pengoperasian dan pemeliharaannya murah : biaya pengoperasian genset di Pabrik Teh PT.PN6 Unit Usaha Kayu Aro sebelumnya mencapai 4000 liter Solar per-hari dengan rata-rata mengolah 70 ton pucuk teh per-hari dengan harga solar non-subsidi. Kini dana yang sedianya untuk membeli Solar dan biaya operasional Genset dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain, seperti : pendidikan, kesehatan atau kebutuhan ekonomi lainnya



Dengan adanya PLTMH di Unit Usaha Kayu Aro diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dan juga bagi masyarakat sekitar PLTMH. Dan di kemudian hari keberadaan PLTMH di Unit Usaha Kayu Aro dapat menjadi trendsetter bagi industri-industri lain sebagai industri yang mengunakan energi baru dan terbarukan yang  ramah  lingkungan.


SAVE THE EARTH FOR A BETTER LIFE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar